Agama Islam

Posted by Unknown Saturday, January 4, 2014 0 comments

n  Agama Islam
n  Bab 2
n  Materi :
  1. Arti dan ruang lingkup Agama Islam
  2. Klasifikasi agama dan Agama Islam
  3. Agama Islam dan IPTEKS
n  A. Pengertian dan Ruang Lingkup Agama Islam
n  Kata Islam menurut bahasa berasal dari kata “aslama”, yang berarti tunduk, patuh dan berserah diri.
n  Islam dalam pengertian ini adalah agama yang dibawa oleh para Rasul Allah, sejak Nabi Adam AS sampai Nabi Muhammad SAW.
n  Agama Islam di setiap zaman mengajarkan aqidah yang sama, yaitu tauhid atau mengesakan Allah SWT. Letak perbedaannya hanya pada syariat yang disesuaikan dengan tingkat perkembangan dan kecerdasan umat pada saat itu.
n  Lanjutan
n  Islam yang diturunkan kepada nabi Muhammad adalah wahyu Allah yang terakhir untuk manusia, oleh karena itu agama ini sudah sempurna dan senantiasa sesuai dengan perkembangan zaman hingga hari kiamat.
n  QS.Al-Baqarah 2 : 136
                        “Katakanlah (hai orang-orang mukmin): Kami beriman kepada            Allah dan kepada apa yang diturunkan kepada kami dan yang    diturunkan kepada Ibrahim, Ismail, Ishak, Yakub serta anak             cucunya dan kepada apa yang telah diturunkan kepada Musa, Isa        serta para Nabi Tuhan mereka. Kami tidak membeda-bedakan        seorang pun di antara mereka dan kami hanya tunduk dan patuh             kepada-Nya.”
n  QS.Ali Imran, 3 : 52
                        “Maka tatkala Isa mengetahui keingkaran dari mereka (bani Israil)      berkatalah ia: Siapakah yang akan menjadi penolong-penolongku             untuk (menegakkan agama) Allah? Para hawariyyin (sahabat-        sahabat setia) menjawab: Kamilah penolong-penolong (agama)           Allah. Kami beriman kepada Allah dan saksikanlah bahwa         sesungguhnya kami adalah orang-orang yang berserah diri             (muslimin).
n  Wahyu yang diturunkan kepada para Nabi sebelum Nabi Muhammad, telah mengalami penyimpangan oleh pengikut-pengikutnya :
n  QS. An-Nisa : 46
                        “Yaitu orang-orang Yahudi, mereka merubah perkataan            dari tempat-tempatnya. Mereka berkata: Kami mendengar,   tetapi kami tidak mau menurutinya. Dan (mereka           mengatakan pula): ra’ina, dengan memutar-mutar       lidahnya dan mencela agama.”
n  QS. Al-Maidah, 5 : 14
                        “Dan diantara orang-orang yang mengatakan:     Sesungguhnya kami ini orang-orang Nasrani, ada yang         telah Kami ambil perjanjian mereka, tetapi mereka         (sengaja) melupakan sebagian dari apa yang mereka telah         diberi peringatan dengannya, maka Kami timbulkan di   antara mereka permusuhan dan kebencian sampai hari   kiamat. Dan kelak Allah akan memberitakan kepada       mereka apa yang selalu mereka kerjakan.”
n  Salah satu firman Allah yang mengoreksi aqidah trinitas kaum nasrani, antara lain :
n  QS. Al-Maidah, 5 : 73
            “Sesungguhnya kafirlah orang-orang yang mengatakan:            Bahwasanya Allah salah seorang dari yang tiga, padahal     sekali-kali tidak ada Tuhan selain dari Tuhan Yang Esa. Jika mereka tidak berhenti dari apa yang mereka katakan    itu, pasti orang-orang yang kafir di antara mereka akan             ditimpa siksaan yang pedih”.
n  QS. Al-Maidah, 5 : 47
            Hai orang-orang yang telah diberi Al-Kitab, berimanlah             kamu kepada apa yang telah Kami turunkan (Al-Quran)            yang membenarkan Kitab yang ada pada kamu, sebelum           Kami merobah muka (mu), lalu Kami putarkan kebelakang          atau Kami kutuk mereka sebagaimana Kami telah             mengutuk orang-orang (yang berbuat maksiat) pada hari         Sabtu. Dan ketetapan Allah pasti berlaku”.
n  Agama Islam merupakan wahyu Allah yang terakhir diturunkan secara sempurna
n  QS. Al-Maidah, 5 : 3
            “Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu            agamamu, dan telah Kucukupkan kepadamu             nikmat-ku, dan telah Kuridhai Islam jadi    agamamu”.
Islam mampu menjadi landasan hidup dan menjawab segala permasalahan manusia sampai akhir sejarahnya.
QS. Al-Hijr, 15 : 9
            “Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-    Quran dan sesungguhnya Kami benar-benar             memeliharanya”.
n  Agama Islam merupakan satu-satunya agama yang paling sesuai dengan fitrah manusia
n  QS. Al-A’raf, 7 : 172
            “Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka     dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa             mereka (seraya berfirman): Bukankah Aku ini    Tuhanmu? Mereka menjawab; Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi. Kami lakukan   yang demikian itu agar di hari Kiamat kamu tidak    mengatakan: Sesungguhnya kami (bani Adam)    adalah orang-orang yang lengah terhadap ini   (keesaan Allah).”
n  b. Klasifikasi Agama dan Agama Islam
Dilihat dari sumber, sifat dan tempatnya, agama dapat diklasifikasikan atas 3 kategori, yaitu :
  1. Agama Wahyu dan bukan wahyu
            Agama wahyu adalah agama yang menghendaki iman kepada Tuhan pemberi wahyu, kepada para rasul penerima wahyu, dan kepada kitab-kitab kumpulan wahyu.
2.         Agama misionari dan bukan misionari
            Agama misionari adalah agama yang menurut ajarannya harus disebarkan kepada seluruh umat manusia. Pada kategori ini yang tampak jelas pesannya untuk disebarkan hanyalah Islam.
3.         Agama ras geografis dan agama universal
            Dari segi geografis, terdiri atas agama sematik, arya, dan mongolian. Agama sematik pada umumnya adalah agama wahyu, seperti Islam, Narani dan Yahudi, sedangkan agama non sematik, yaitu Arya dan Mongolia bukanlah agama wahyu seperti Hindu, Budha, dan Zoroaster.
n  C. Agama Islam dan IPTEKS
n  Manusia ditempatkan sebagai khalifah di muka bumi. QS. Al-An’am : 165
            “Dan Dialah yang menjadikan kamu penguasa-    penguasa di bumi dan meninggikan sebagian dari kamu   atas sebagian yang lain beberapa derajat, untuk mengujimu atas apa yang telah diberikan-Nya             kepadamu”.
n  Manusia sebagai khalifah dituntut untuk mengelola alam sekitarnya. QS.Yunus : 101
            “Katakanlah (wahai Muhammad): Periksalah dengan teliti         apa-apa yang ada di langit dan di bumi”
n  Sehingga posisi ilmuan sangat mulia di hadapan Allah
n  QS. Al-Mujadalah, 58 : 11
            “….. Niscaya Allah akan meninggikan          orang-orang yang diberi ilmu         pengetahuan beberapa derajat. Dan   Allah Maha Mengetahui apa yang   kamu kerjakan”.

TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: Agama Islam
Ditulis oleh Unknown
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://randyset.blogspot.com/2014/01/agama-islam.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Post a Comment

Trik SEO Terbaru support Online Shop Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of Randi's.